Pada akhir tahun kepengurusan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang sekaligus pergantian pengurus baru, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM UNEJ) secara rutin mengadakan kegiatan sharing dan evaluasi bagi Ormawa untuk meningkatkan kualitas kegiatan baik dari pembinaan, penguatan hingga program unggulan. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, maka FKM UNEJ melaksanakan sharing dan evaluasi Ormawa secara luring pada tanggal 10 – 11 Desember 2021 bertempat di Hotel Valonia Jember. Kegiatan sharing dan evaluasi kali ini berjudulkan “Workshop Implementasi MBKM Pada Ormawa Dalam Meningkatkan Prestasi Mahasiswa” diawali dengan melakukan tes swab antigen untuk seluruh peserta kegiatan pada sehari sebelum kegiatan ini dilaksanakan. Terdapat 2 agenda utama dalam sharing dan evaluasi Ormawa kali ini yang pertama ialah pemaparan materi-mater kemudian dilanjutkan dengan sharing dan evaluasi dari setiap Ormawa FKM UNEJ. Materi pertama pada kegiatan ini diberikan oleh Dr. drg. Banun Kusumawardani, M.Kes dari Ketua Tim MBKM UNEJ tentang Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Materi selanjutnya diberikan oleh Jarkasi dari Kemahasiswaan UNEJ tentang Kebijakan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Kemahasiwaan. Materi terakhir disampaikan oleh Moch. Bustommy Maulana, S.Kom. dari Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) UNEJ yang memaparkan dan mempraktikan penggunaan SIMAWA dalam Pengajuan dan Pertanggungjawaban Kegiatan Ormawa.

Organisasi Mahasiswa (Ormawa) adalah sebuah organisasi intra bagi mahasiswa untuk dapat menaungi kebutuhan mahasiswa baik dalam hal akademik maupun non akademik. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) merupakan Ormawa tingkat fakultas dimana pada tingkat prodi terdapat Himpunan Mahasiswa (Hima), sedangkan beberapa Ormawa menaungi keminatan khusus seperti kesenian, menulis hingga kerohanian disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Mengingat bahwa salah satu tujuan Ormawa ialah memfasilitasi keminatan anggotanya, maka peran Ormawa sangat penting untuk membentuk anggota yang unggul dan mampu bersaing dalam berbagai prestasi baik ditingkat regional, nasional hingga internasional.

Kegiatan sharing dan evaluasi Ormawa yang dilaksanakan secara rutin ini menjadi salah satu langkah FKM UNEJ untuk dapat memonitor hingga memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Dengan adanya peningkatan kualitas mahasiswa, diharapkan semakin banyak prestasi yang dapat ditorehkan oleh mahasiswa FKM UNEJ. Selain itu, Ormawa didorong untuk dapat berperan dalam mendukung implementasi MBKM dengan meningkatkan kolaborasi dengan Ormawa dari Perguruan Tinggi lain hingga mempersiapkan jati diri mahasiswa yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa dan berakhlak mulia karena terkait dengan moralitas dan spiritualitas yang dibutuhkan dalam dunia kerja (Nadiem, 2021).

Sumber Rujukan:
https://kumparan.com/kumparannews/nadiem-bertemu-sejumlah-bem-dan-ormawa-ajak-sukseskan-program-merdeka-belajar-1wYBUN1PpT8/1