Webinar Sinvesta 2Webinar Sinvesta 2

Webinar sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat dalam mengahadapi era baru di masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan karena adanya kebijakan sosial, seperti physical distancing serta kewajiban work from home. Webinar menjadi salah satu media penambah ilmu pengetahuan dimasa ini, banyak instansi yang menyelenggarakan acara webinar secara gratis. Tidak terkecuali, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang mengadakan webinar untuk para mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Peserta tidak hanya dari program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat namun juga dihadiri oleh mahasiswa dari program studi Ilmu Gizi.

Webinar ini berjudul “Optimalisasi Peran Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Promotor Kesehatan dengan Bermedia” dengan pemateri salah satu dosen FKM UNEJ dan merupakan gugus tugas penanganan Covid-19, yaitu bapak Dr. dr Candra Bumi, M.Si serta Ibu dr. Ragil Ismi Hartanti, M.Sc. Pada webinar kali ini bapak Dr. dr Candra Bumi, M.Si membawakan materi mengenai Imunologi Covid-19, pada materi ini lebih membahas mengenai seputar perkembangan kasus Covid-19 di dunia dan terutama di Indonesia.materi ini lebih menjelaskan berbagai tahapan dari virus tersebut yang hingga akhirnya bisa menginfeksi masyarakat Indonesia, mulai dari tahapan pembentukan imunitas hingga antibodi yang sudah terinfeksi Covid-19.

Sedangkan Ibu dr. Ragil Ismi Hartanti, M.Sc. membawakan materi mengenai ilmu atau update vaksin Covid-19. Materi ini membahas mengenai perkembangan vaksin Covid,  pembuatan vaksin dan yang sangat ditunggu – tunggu adalah pertanyaan – pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat seputas vaksin Covid-19. Tujuan diberikannya materi ini kepada para mahasisswa agar mahasiswa bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat dengan berbasis ilmu yang telah didapatkan, dan juga para mahasiswa bisa memberikan edukasi mengenai fakta dari vaksin Covid-19 dan mengklarifikasi adanya hoax-hoax yang bertebaran mengenai vaksin ini.

Webinar ini diikuti kurang lebih 200 peserta melalui Zoom Meeting dan dilanjutkan melalui live streming YouTube LPMKM Sinvesta. Antusiasme peserta webinar sangat terasa ketika acara berlangsung, peserta aktif dalam bertanya dan konsisten mendengarkan pemateri dan diadakannya game di selang waktu menunggu pemateri hadir. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 21 Maret 2021 pukul 13.00 – 16.00 WIB ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dengan LPMKM Sinvesta. Webinar ini merupakan arahan langsung dari Ibu dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Ibu Dr. Farida Wahyu Ningtyias, S.KM., M.Kes. yang memberikan amanah kepada LPMKM Sinvesta untuk menyelenggarakan acara webinar ini dan juga merupakan webinar perdana di awal tahun 2021 bagi LPMKM Sinvesta.

Penulis : Sukma Pertiwi Widodo Asih