Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa telah memutuskan akan melakukan perpanjangan masa kegiatan belajar mengajar secara online. Hal ini akan terus berlanjut hingga ada penjelasan selanjutnya mengenai kapan proses belajar mengajar secara online dapat diakhiri.

Selama masa work from home  mengakibatkan orang tua harus memberikan perhatian yang lebih banyak kepada anak terutama dalam menemani saat anak-anak melakukan pebelajaran secara online. Kondisi ini dapat menyebabkan orang tua mengalami stres yang dikarenakan oleh sulitnya menemani/menyuruh anak untuk dapat belajar seperti saat disekolah. Terlebih lagi jika orang tua salah mengambil tindakan yang dapat berakibat pada keributan dalam rumah tangga. Tentunya hal tersebut tidak diaharapkan oleh orang tua manapun.

Selama masa pandemi ini, sangat penting bagi orang tua untuk melakukan pengasuhan yang tepat terhadap anak. Selain itu peningkatan stres yang sulit dihindari tentu memerlukan sebuah asupan khusus agar dapat mencegah tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM Unej) mengadakan acara seminar secara online (Webinar Series 4) dengan judul Dampak Covid19 terhadap Pola Asuh dan Belajar Anak yang dilaksanakan pada 4 Juni 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube Live (channel FKM UNEJ).

Webinar Series ini merupakan acara berkelanjutan selama masa pandemi untuk dapat memberikan wawasan serta edukasi kepada masyarakat agar lebih mengerti tentang bagaimana cara berinteraksi dengan COVID-19. Pada Webinar Series 4 ini FKM mengundang 3 narasumber yaitu:

  1. Dr. Elok Permata Sari, S.KM., M.Kes. (Bidang Kesehatan Ibu dan Anak)
  2. Dr. Hobri, M.Pd (Bidang Pendidikan)
  3. Senny Weyara DS., S.Psi., MA. Psikolog (Psikolog)

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari latar belakang yang berbeda. Kami berharap semua peserta menjadi lebih siap lagi dalam menghadapi masa pandemi ini. Materi Webinar Series 4 dapat diunduh pada link berikut ini:

Materi Webinar Series 4
1. Dr. Elok Permata Sari, S.KM., M.Kes. (Pola Asuh selama Covid-19)
2. Dr. Hobri, M.Pd (Kiat Pembelajaran di Rumah)
3. Senny Weyara DS., S.Psi., MA. Psikolog (Manajemen Stres)