Panitia VKC 2022Panitia VKC 2022

Bernyanyi merupakan suatu tindakan vokal untuk menghasilkan hal musikal serta bentuk implementasi dari seni suara. Bernyanyi dapat dilakukan dimana saja dan dalam berbagia suasana. Bernyanyi biasanya dilakukan secara individu atau kelompok untuk mengekspresikan suasana dan makna yang akan disampaikan. Bernyanyi dengan iringan musik dan lirik lagu yang sudah tersedia disebut dengan karaoke.  Karaoke merupakan salah satu cara untuk melatih kemampuan tarik suara dalam seni tarik suara. Karaoke dapat membuat kita mengetahui tingkatan kemampuan kita dalam bernyanyi. Selain itu, dengan berkaraoke juga membantu meningkatkan rasa percaya diri kita ketika bernyanyi. Maka dari itu, Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Gita Pusaka menyelenggarakan Virtual Karaoke Contest yang dilaksanakan secara online dengan cakupan nasional se-Indonesia.

Lomba ini diselenggarakan guna mengenal lebih jauh musik yang ada di dunia. Peran dari seni tarik suara dalam melestarikan karya seni lewat lagu dan musik salah satunya dengan menyanyikan lagu-lagu dari berbagai daerah. Maka dari itu, tema dari lomba karaoke ini adalah “Let’s Harmony the World with Music.”

Dalam pelaksanaannya, ada 3 tahap yakni tahap seleksi pada tanggal 11-15 Juli 2022 secara online yang berhasil menjaring 82 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan dari hasil seleksi, terdapat 10 finalis terpilih yang melanjutkan ke tahap mentoring tentang bagaimana teknik bernyanyi yang benar bersama 3 dewan juri sekaligus untuk mempersiapkan para finalis menuju final Virtual Karaoke Contest. Kegiatan mentoring dilaksanakan secara online pada 23 Juli 2022. Setelah tahap mentoring, pada tanggal 31 Agustus merupakan final dari Virtual Karaoke Contest yang digelar secara hybrid di zoom meeting dan ruang kuliah 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Juara pertama lomba Virtual Karaoke Contest, yakni Kadek Nita Purnama Sari asal daerah Denpasar dengan perolehan skor 878. Juara kedua yakni Evelyn Wijaya asal Tangerang selatan dengan perolehan skor 854. Juara ketiga yakni Maharetha Wirandari Wibowo asal Solo dengan perolehan skor 817.