Final 10th Public Health CompetitionFinal 10th Public Health Competition

Public Health Competition (PHC) merupakan kompetisi yang diadakan oleh UKM Penelitian dan Penalaran Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan telah diselenggarakan sejak tahun 2012. PHC pada tahun 2022 merupakan penyelenggaraan yang ke-10 serta masuk dalam rangkaian acara dies natalis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. PHC merupakan kompetisi keilmiahan bergengsi yang mewadahi ide-ide mahasiswa yang ingin berpikir kritis dan berinovasi dalam era global. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa D3, D4, serta S1 dari seluruh Indonesia. 10th Public Health Competition (PHC) kali ini mengusung tema “Improvement of Youth Innovation and Creativity Skills in Implementation of Society 5.0 for the Golden Generation of Indonesia” dengan membuka dua cabang lomba, yaitu esai dan poster ilmiah. PHC diadakan agar mahasiswa/i se-Indonesia mampu memahami perkembangan dalam menghadapi kehidupan era teknologi baru, mampu mengemas, serta menyajikan informasi secara informatif, aktual, dan unik.

Serangkaian kegiatan 10th Public Health Competition dilaksanakan sejak bulan Juni 2022 dan berakhir pada bulan Oktober 2022. Kegiatan 10th Public Health Competition diawali dengan pembukaan pendaftaran, pengumpulan karya, penjurian, presentasi finalis, serta ditutup dengan kuliah umum. 10th Public Health Competition diikuti oleh 49 tim dengan 22 tim mengikuti lomba poster ilmiah dan 27 tim mengikuti lomba esai. Pada masing-masing cabang lomba diambil 10 finalis dengan total nilai tertinggi dan melaju ke babak final. Final 10th Public Health Competition dilaksanakan pada 22 Oktober 2022 secara daring dan diisi dengan presentasi karya setiap finalis serta sesi tanya jawab dengan para juri.

Serangkaian acara 10th Public Health Competition ditutup dengan Kuliah Umum yang dilaksanakan secara daring pada 23 Oktober 2022 dengan mengangkat tema utama 10th Public Health Competition. Kuliah Umum 10th Public Health Competition diikuti oleh 112 orang dan dihadiri oleh dua pemateri, yaitu Atik Qurrota A’Yunin A, S.KM., M.Kes. dan Royhan Saydi, S.P.. Juara pada setiap cabang lomba 10th Public Health Competition diumumkan pada penghujung acara Kuliah Umum sebagai puncak dari serangkaian kegiatan PHC. Berikut daftar pemenang 10th Public Health Competition:

Esai

  1. Juara pertama: Sri Handayani – Universitas Sumatera Utara
  2. Juara kedua: Yoga Adi T. dan Aunillah Putri E. – Universitas Brawijaya
  3. Juara ketiga: Wulan Syarani A. dan Dimas Ahmad N. – Universitas Airlangga

Poster Ilmiah

  1. Juara pertama: Tiara Amelia P. dan Whendy Waliya A. – Universitas Jember
  2. Juara kedua: Iqbal Ainur R. dan Aulia Dwi S. – Universitas Negeri Surabaya
  3. Juara ketiga: Taufik Sahid H. – Universitas Jember
  4. Juara favorit: Anindya Alvianti P. dan Felysia – Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Kompilasi karya pemenang lomba Esai:

Kompilasi karya pemenang lomba Poster:
Mengingat Public Health Competition merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun, maka nantikan Public Health Competition di tahun-tahun selanjutnya. Informasi lebih lanjut kunjungi instagram Public Health Competition di @phclentera_fkmunej.

Penulis : N. Dyandra Agnefa A. dan Zila Aprilia