Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Peduli HIV / AIDS (UKM KOMPLIDS) mempunyai beberapa program kerja, salah satunya pendidikan dan pelatihan (diklat). Diklat UKM KOMPLIDS 2017 mengangkat tema “Kokohkan Karakter dan Kepedulianmu, Bersama KOMPLIDS Berantas HIV/AIDS”. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan antara lain yaitu dimulai dengan tes tulis dan wawancara, technical meeting, diklat ruang, diklat kota, diklat lapang, dan yang terakhir adalah pengukuhan.

Diklat UKM KOMPLIDS 2017 diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari angkatan 2015 dan 2016 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Rangkaian kegiatan diklat diawali dengan tes tulis, wawancara, dan technical meeting yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2017 di ruang kuliah 2 dan 11 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Pelaksanaan tes tulis dan wawancara pada diklat UKM KOMPLIDS 2017 melibatkan pengurus dan alumni UKM KOMPLIDS yang turut diikutsertakan untuk berkontribusi sebagai pewawancara calon embrio 2017. Peserta terlihat bersemangat ketika berada pada sesi tes tulis dan wawancara, hal tersebut menandakan bahwa sikap antusias para calon embrio sudah terlihat sejak pertama mengikuti serangkaian diklat UKM KOMPLIDS. Setelah selesai melakukan tes tulis dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan technical meeting  yang berisi penugasan, persiapan diklat ruang dan diklat kota yang akan dilaksanakan satu minggu setelah kegiatan tes tulis dan wawancara.

Pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 di ruang kuliah 2 DIKLAT ruang UKM KOMPLIDS 2017. Dalam diklat ruang tersebut calon embrio menerima dua materi, yaitu HIV / AIDS serta Public Speaking dan Media Kesehatan. Materi HIV / AIDS disampaikan oleh Saudara Riski Bagus Bayu Saputro, S.KM dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jember, sementara materi Public Speaking dan Media Kesehatan disampaikan oleh Ibu Mury Ririanty, S.KM., M.Kes. dari Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku FKM Universitas Jember. Saat technical meeting satu minggu sebelum diklat ruang, calon embrio mendapat penugasan untuk membuat media kesehatan dengan sasaran tertentu, antara lain sasaran untuk anak, remaja, ibu, bapak, serta lansia dan dipresentasikan saat diklat ruang.  Presentasi media kesehatan yang telah dibuat oleh calon embrio disimulasikan seperti layaknya memberikan penyuluhan kepada sasaran tertentu sesuai media kesehatan yang telah dibuat. Presentasi media kesehatan tersebut dinilai oleh Ibu Mury Ririanty, S.KM., M.Kes dan tim penilai yang berasal dari pengurus UKM KOMPLIDS.

Diklat kota di Alun-Alun Kabupaten Jember

Keesokan harinya pada hari Minggu, 26 Februari 2017 calon embrio beserta panitia mengikuti agenda Car Free Day di Alun-Alun Jember. Calon embrio mempraktikan penyuluhan HIV/AIDS menggunakan media kesehatan yang telah dibuat kepada masyarakat yang sedang berada di Alun-Alun. Calon embrio mencari sasaran penyuluhan dari berbagai usia, dari anak-anak, remaja, ibu, bapak, hingga lansia. Mereka sangat antusias menyampaikan informasi pada masyarakat dengan berbagai usia selama kurang lebih satu jam. Usai memberikan penyuluhan HIV / AIDS, calon embrio kembali ke Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk pemilihan komandan tingkat (komting) UKM KOMPLIDS tahun 2017 dan pembekalan untuk diklat lapang.

Diklat lapang dilaksanakan di Rembangan, Jember pada hari Sabtu-Minggu, 4-5 Maret 2017. Kegiatan pertama yang dilakukan oleh calon embrio yaitu sharing pengalaman oleh ketua umum UKM KOMPLIDS angkatan tahun 2013 yaitu Mas Adi Nugroho. Kegiatan selanjutnya adalah outbond dengan tujuan untuk saling mengenal dan mengakrabkan sesama calon embrio. Pada malam harinya calon embrio melakukan agenda malam yang bertujuan untuk lebih mengenal UKM KOMPLIDS, menguji kekompakan kelompok, dan pengetahuan organisasi masing-masing individu.

Dalam diklat lapang ini tidak hanya dihadiri oleh panitia, tetapi pengurus dan alumni UKM KOMPLIDS juga turut diundang dalam diklat tahun 2017 ini. Keesokan harinya setelah melakukan ibadah sholat subuh dan bersih diri, kegiatan yang dilakukan adalah pemberian reward kepada calon embrio dengan kategori yaitu media kesehatan terbaik, yel-yel terbaik, name tag terbaik, dan kelompok terbaik. Kegiatan selanjutnya setelah pemberian reward adalah sarapan bersama dengan menu polo pendem yaitu hasil bumi, seperti pisang, ketela, ubi, singkong, kacang tanah, dan lain-lain. Hal tersebut bertujuan agar calon embrio memahami arti kesederhanaan dan kebersamaan. Setelah selesai sarapan, seluruh calon embrio, panitia, pengurus, dan alumni UKM KOMPLIDS foto bersama dan kemudian kembali ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Hari Jumat, 10 Maret 2017 pada pukul 18.30-21.00 WIB merupakan akhir dari serangkaian kegiatan diklat UKM KOMPLIDS yaitu pengukuhan calon embrio untuk menjadi embrio 2017. Dalam pengukuhan tersebut dihadiri oleh pembina, alumni, dan pengurus UKM KOMPLIDS. Ibu Ni’mal Baroya, S.KM., MPH selaku pembina UKM KOMPLIDS memandu pembacaan ikrar calon embrio, beliau juga memberikan beberapa pesan kepada embrio 2017 agar selalu belajar dan mengasah kemampuan. Acara pengukuhan tersebut berlangsung secara khidmat sehingga diharapkan embrio 2017 nantinya dapat berkontribusi untuk UKM KOMPLIDS pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.