Sejuta Kreasi Gizi (Sekrezi) merupakan program kerja tahunan dari divisi Minat dan Bakat yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGIZI). Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati diesnatalis Program Studi Gizi yang bertepatan pada tanggal 20 November 2023. Pada pelaksanaan Sekrezi 2023, diadakan perlombaan secara online serta acara puncak yang dilaksanakan secara offline di Universitas Jember Kampus Bondowoso. Jenis lomba yang dilaksanakan secara online yaitu lomba poster, essay, dan video kreasi yang dimulai dari tanggal 6 Agustus 2023 – 21 Oktober 2023. Acara puncak dimeriahkan oleh penampilan-penampilan dari mahasiswa Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan juga Guest Star pada tanggal 19 November 2023. Peserta kegiatan Sekrezi 2023 dibuka untuk masyarakat umum khususnya mahasiswa Universitas Jember kampus Bondowoso.

Sejuta Kreasi Gizi (Sekrezi) 2023 mengangkat tema “Show Your Passion and Courage to Achieve the Big Dream of Public Health” dengan harapan mampu meningkatkan kreativitas masyarakat umum khususnya mahasiswa Program Studi Gizi sehingga peserta Sekrezi 2023 dapat menuangkan idenya dalam sebuah karya terbaik berupa poster, essay, maupun video kreasi.

Pada pelaksanaan malam puncak SEKREZI 2023 juga terdapat bazar makanan dan minuman yang merupakan usaha dari mahasiswa Universitas Jember kampus Bondowoso khususnya mahasiswa Program Studi Gizi.

Pada malam puncak Sekrezi 2023, acara pertama yang diikuti oleh seluruh peserta adalah pembukaan. Acara dibuka dengan penampilan tari oleh mahasiswa gizi yang dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC secara formal.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penyampaian sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua pelaksana Sejuta Kreasi Gizi (Sekrezi) 2023. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua HIMAGIZI, Ketua BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Koordinator Program Studi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang sekaligus membuka acara Sejuta Kreasi Gizi (Sekrezi) 2023.

Setelah mengikuti serangkaian pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh koordinator program studi gizi Ibu Ninna Rohmawati, S.Gz., M.P.H sebagai tanda simbolis merayakan diesnatalis program studi gizi yang ke-5 tahun. Setelah prosesi pemotongan tumpeng, terdapat penayangan video ucapan diesnatalis oleh Ibu Dekan beserta jajarannya, Koordinator program studi gizi, Bapak ibu dosen, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ketua Umum dan Kepala Divisi Himpunan Mahasiswa Gizi, Komandan Tingkat gizi, dan perwakilan mahasiswa gizi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional yang dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Gizi angkatan 2023 dan dilanjutkan dengan penampilan drama musikal kolaborasi antara mahasiswa Program Studi Gizi angkatan 2022 dan 2023.

Setelah semua penampilan dari mahasiswa program studi gizi, acara dilanjutkan dengan pemilihan King & Queen. Pemilihan King & Queen ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa program studi gizi angkatan 2023, kriteria penilaian yaitu dengan memilih outfit terkeren pada malam puncak Sekrezi 2023. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba Sekrezi 2023 yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2023.

Setelah semua pemenang lomba telah diumumkan, dilanjutkan dengan penampilan guest star yaitu Milky Coustik yang sekaligus menjadi hiburan terakhir pada acara malam puncak SEKREZI 2023. Milky Coustik membawakan 5 lagu yang berbeda dan tengah hits dikalangan mahasiswa untuk memeriahkan malam puncak SEKREZI.

Dengan berakhirnya penampilan dari Milky Coustik selaku guest star, maka berakhir pula kegiatan Sejuta Kreasi Gizi (Sekrezi) 2023 pada 19 November 2023. Semoga dengan adanya kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kreativitas dan menuangkan ide-ide kreatifnya dalam membuat serta menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi khalayak luas ditahun-tahun mendatang.