Kegiatan dalam bidang jurnalistik telah lahir sejak lama dan tentunya selalu ada di tengah hiruk pikuk kehidupan masyarakat Indonesia. Jurnalistik sangat erat kaitannya dengan penulisan, penyebaran berita, opini, dan hiburan yang bisa diedarkan di media cetak maupun media online yang tak jarang kita lihat. Seperti yang kita tahu, peranan bidang jurnalistik sangat besar dalam penyampaian informasi sehingga informasi yang diperoleh masyarakat sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan tanpa bumbu tambahan.

Namun sayangnya, masih banyak oknum yang menyebarkan berita tidak sesuai realita sehingga masyarakat bertanya-tanya. Lantas apa yang perlu kita lakukan perihal ini? Lembaga Pers Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sinvesta Universitas Jember mengadakan kegiatan Pelatihan Internal berupa reportase dan kepenulisan berita bagi para anggotanya. Bagi mahasiswa yang dicap sebagai agent of change tentunya kita perlu memiliki ambisi untuk mengubah permasalahan di sekitar. Dengan mempelajari mengenai reportase dan kepenulisan berita di Pelatihan Internal 2023 LPMKM SINVESTA yang bertemakan The New Era of Journalism: Developing Good Communication In Interviewing and News Scribing to Reliable Information kita mampu mengungkapkan kebenaran yang terjadi, agar masyarakat tidak salah persepsi. Selain itu kita dapat mengembangkan cara berpikir kritis kita dalam menganggapi sebuah isu atau permasalahan di sekitar kita. Hal ini tentunya akan membuka mata masyarakat untuk ikut peka terhadap isu yang sedang terjadi.

Pelatihan Internal 2023 LPMKM SINVESTA yang mengangkat tema The New Era of Journalism: Developing Good Communication In Interviewing and News Scribing to Reliable Information dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 dan bertempat di Aula Murdijanto Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Dalam pelatihan internal kali ini LPMKM SINVESTA mengadakan secara offline sehingga para peserta yang hadir dapat bertemu langsung dengan para pemateri hebat dan anggota internal LPMKM SINVESTA lainnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pelatihan internal ini LPMKM SINVESTA menghadirkan dua pemateri hebat yakni Kak Imaduddin Azhar dan Kak Muhammad Dandi Kusuma Putra. Pemaparan materi pertama yang dibawakan dalam Pelatihan Internal 2023 yakni mengangkat topik “Reportase Jurnalistik”. Dalam pemaparan materi pertama para peserta sangat antusias dalam menjawab pertanyaan dari pemateri. Sehingga komunikasi para peserta dan pemateri terjalin dengan baik. Pemateri memaparkan sebelum melakukan reportase atau wawancara kita perlu melakukan riset, observasi, dan pendekatan kepada narasumber. Pemateri juga berpesan jika ingin melakukan wawancara dengan baik kita perlu sering membaca. Kita perlu mengetahui hal yang perlu kita angkat, dengan begitu kita dapat memperoleh berbagai pertanyaan yang akan ditanyakan kepada narasumber terkait. Tak hanya itu berdiskusi juga menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan berbagai pertanyaan. Maka menjadi jurnalis bisa membuat kita membantu orang lain, karena dengan adanya jurnalis pihak-pihak terkait dapat meluruskan masalah dan menyuarakan pendapatnya mengenai suatu permasalahan.

Pemaparan materi kedua dalam Pelatihan Internal 2023 mengangkat topik “Teknik Menulis Berita”. Sebelum memulai materi para peserta diminta untuk menuliskan berita mengenai berita yang ditayangkan di layar. Para peserta berlomba-lomba dalam mengirimkan hasil tulisan berita mereka. Setelah selesai hasilnya akan ditampilkan pada layar dan didiskusikan secara langsung oleh pemateri. Pemateri mendiskusikan mulai dari struktur kepenulisan berita dan ciri khas dalam kepenulisan berita. Hal ini membuat para peserta lebih antusias dalam mencoba menulis berita karena mereka merasa tertarik dan tertantang dalam menulis berita dan bonusnya mereka bisa mendapatkan saran atas berita yang mereka buat dari pemateri secara langsung. Pemateri juga berpesan bahwasannya setiap tempat memiliki public relation sendiri, sehingga kita perlu untuk menempatkan diri kita. Selain itu menulis merupakan hal penting dan pastikan tulisan yang kita buat dapat bermanfaat bagi sekitar.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Internal 2023 LPMKM SINVESTA yang bertemakan The New Era of Journalism: Developing Good Communication In Interviewing and News Scribing to Reliable Information dapat berjalan dengan baik. Mulai dari peserta, pemateri, dan tamu undangan menikmati acara tersebut. Antusiasme peserta dalam pemaparan materi dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang selalu hadir dalam sesi diskusi. Selain itu para peserta juga sering menjawab apabila pemateri melontarkan berbagai macam pertanyaan mengenai bidang jurnalistik. Ketika memasuki sesi ice breaking para peserta semakin antusias dan bersemangat dalam menjawab berbagai teka-teki dalam games. Terdapat dua games dalam ice breaking yang telah dilaksanakan, yakni tebak gambar dan tebak gaya. Para peserta aktif menjawab dan bahkan saling berebut dalam menjawab teka-teki games. Tak hanya itu para peserta juga antusias dalam mengerjakan soal post-test yang telah disiapkan panitia. Mereka mengerjakannya dengan serius dan penuh kehati-hatian agar jawabannya mendapat nilai yang sempurna.

            Penutupan kegiatan Pelatihan Internal 2023 LPMKM SINVESTA ditutup dengan adanya sesi dokumentasi dan evaluasi kegiatan oleh para panitia Pelatihan Internal 2023 LPMKM SINVESTA. Banyak hal yang dipelajari dalam kegiatan ini, kita juga dapat melakukan praktik kepenulisan berita dan berbagi pengalaman di bidang jurnalistik dengan para pemateri. Harapannya kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun berikutnya guna menambah wawasan dan skills para anggota internal LPMKM SINVESTA.