pbl 1 instansi

Guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar, memperluas wawasan, sekaligus melihat secara nyata bagaimana operasional suatu instansi kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dan RSUD Blambangan, melaksanakan kegiatan pengenalan Instansi yang dikemas dalam program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) I Instansi. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dan perwakilan dari RSUD Blambangan ini diikuti oleh 171 orang peserta mahasiswa semester VI Jalur reguler dan 5 orang dosen pendamping FKM UNEJ.

pbl-fkm-bwi (1)

Serangkaian kegiatan yang tepatnya dilaksanakan pada Jumat tanggal 15 April 2016 ini diawali dengan pemberian materi mengenai profil masing-masing instansi (Dinas Kesehatan dan RSUD), kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai monitoring dan evaluasi program kerja, serta materi mengenai “lesson learn” yang menitikberatkan pada hal-hal apa saja yang dapat dijadikan bahan pembelajaran selama menghadapi dan menuntaskan permasalahan kesehatan di Kabupaten Banyuwangi. Di akhir tiap-tiap sesi, mahasiswa diberi kesempatan berdiskusi melalui forum tanya jawab langsung dengan pihak pengelola maupun penanggung jawab instansi.

  pbl-fkm-bwi (2)

Menjelang berakhirnya acara PBL I Instansi yang bertajuk “PBL Diamond Generation Kanggo Riko lan Ingsun”, mahasiswa juga berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke unit-unit non medis RSUD Blambangan. Unit-unit yang dikunjungi tersebut diantaranya Unit Rekam Medik, Promosi Kesehatan, Logistik medis dan non medis, Gizi, Instalasi Pengelolaan Limbah, dan  Laboratorium Radiologi. Pada sesi kunjungan unit, untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa bebas melakukan dialog interaktif dengan penanggung jawab masing-masing unit terkait dengan alur kerja, kendala yang dihadapi, dan lain sebagainya. PBL I Instansi FKM UNEJ rencananya akan terus berlanjut dan ditutup dengan kunjungan ke perusahaan yang berkaitan dengan kesehatan di Bulan Mei 2016. (dmw/ar)

pbl-fkm-bwi (3)

pbl-fkm-bwi (4)