Problem kesehatan adalah salah satu problem yang sedang dihadapi masyarakat dewasa ini. Mulai penyakit degenerative, penyakit infeksi, termasuk penyakit infeksi menular seksual (IMS). FKM Universitas Jember sebagai lembaga pendidikan di bidang kesehatan berusaha merespon problem ini dengan menyelenggarakan forum ilmiah kesehatan masyarakat guna mencari titik solusi berbagai problem kesehatan. Termasuk forum ilmiah yang dihelat pada tanggal 22 November 2017 yang lalu.

Menjelang peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 1 Desember, FKM Universitas Jember  kembali menggelar forum ilmiah dengan membahas topik  “Studi Fenomenologi tentang Homoseksual pada Laki-laki Suka Seks dengan Lelaki (LSL) di Kabupaten Jember”. Tema ini merupakan hasil desertasi Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes., pada Program Pasca Sarjana FKM Universitas Airlangga, Surabaya. Pada forum ilmiah ini Dr. Dewi Rokhmah hadir untuk membedah desertasinya berdampingan dengan Dyah Kusworini, S. KM., M. Si. dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Kegiatan yang dikemas dalam format seminar ini dihadiri sejumlah mahasiswa dan dosen di lingkungan FKM Universitas Jember. Nampak hadir diantara peserta adalah sejumlah pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Peduli AIDS (Komplids) FKM Universitas Jember dan serta pengurus UKM Pers Mahasiswa FKM “Sinvesta”. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Ni’mal Baroya (Pembina UKM Komplids FKM dan UKM Kependudukan Universitas Jember) berlangsung menarik dengan berbagai diskusi.

Dr. Dewi Rokhmah yang merupakan dosen Bagian Promosi Kesehatan dan Perilaku (PKIP) FKM Universitas Jember dalam Desertasinya menemukan bahwa prilaku homoseksual disebabkan oleh multifaktor, diantaranya : pengalaman traumatik menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual pada masa anak-anak, pola asuh orang tua yang kurang tepat, paparan pornografi, lingkungan pergaulan, dan penggunaan gadget yang tidak terkontrol. Semua faktor berlangsung secara gradatif (bertahap) dengan didukung oleh permisifitas budaya tertentu di masyarakat.  Forum Ilmiah Kesehatan Masyarakat ini merekomendasikan, bahwa antisipasi atas perilaku homoseksual dalam lingkup keluarga membutuhkan: Pola asuh seimbang dari ayah dan ibu, komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak, pendidikan seks sejak dini pada anak, resiliensi penggunaan internet pada anak, kenali teman bergaul anak, pahami perubahan psikis, fisik serta sosial anak.

Forum Ilmiah Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu sarana publikasi ilmiah sekaligus agenda pengabdian masyarakat atas hasil riset yang dilakukan oleh sivitas akademika FKM Universitas Jember sehingga produk penelitian dan karya ilmiah yang dihasilkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi masalah-masalah kesehatan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.