Nutrition Fraternity Day FKM UNEJ

Nutrition Fraternity Day (NFD) 2023 merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Gizi dengan tujuan meningkatkan kreatifitas dan rasa kekeluargaan antar sesama mahasiswa gizi. Nutrition Fraternity Day (NFD) 2023 dilaksanakan secara offline dan bertempat di Universitas Negeri Jember Kampus Bondowoso. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Minggu tanggal 24 September dan 01 Oktober dengan tema “Creating an Active Students in Solving Nutrition Problems”. Harapannya agar seluruh mahasiswa gizi bisa meningkatkan kreatifitasnya, sehingga menciptakan mahasiswa yang aktif dalam memecahkan permasalahan gizi dengan saling bergotong-royong.

Nutrition Fraternity Day FKM UNEJ 2

Setiap mahasiswa harus saling bersosialisasi karena merupakan hal yang penting di dunia perkuliahan, apalagi bersosialisasi dengan sesama mahasiswa di Prodi yang sama. Kurangnya interaksi antar mahasiswa ini mengakibatkan mereka kurang saling mengenal satu sama lain, sehingga timbulnya sifat individualisme. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa gizi dapat saling berinteraksi maupun saling mengenal untuk membangun kekeluargaan dan solidaritas antar sesama mahasiswa.

Pada hari pertama kegiatan Nutrition Fraternity Day (NFD) 2023 diawali dengan outbond untuk peserta yang dipandu oleh panitia. Peserta dibagi menjadi lima kelompok, dan setiap kelompok harus menyelesaikan permainan outbond secara bergantian. Ada beberapa permainan dalam kegiatan outbond yang telah disiapkan oleh panitia. Diantaranya seperti estafet bola pingpong, estafet balon dalam gelas, estafet koran, estafet sarung, dan tebak gaya. Kegiatan outbond ini bertujuan agar mahasiswa bisa saling berkerja sama untuk meningkatkan kreatifitas dan rasa kekeluargaan.

Nutrition Fraternity Day FKM UNEJ 3

Pada hari kedua, peserta Nutrition Fraternity Day (NFD) 2023 yakni merupakan mahasiswa gizi melakukan sosialisasi terkait permasalahan gizi yang ada di lingkungan sekitar dengan penyampaian materi, presentasi sosialisasi gizi tersebut dilakukan di dalam ruangan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa menjadi lebih peka terhadap permasalahan gizi yang ada di sekelilingnya kemudian dapat Belajar berkomunikasi yang baik melalui sosialisasi kepada masyarakat untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia. Setiap kelompok diberikan waktu presentasi selama 20 menit. Adanya sosialisasi gizi yang dilakukan juga merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat sebagai mahasiswa gizi dalam memperbaiki permasalahan gizi.

Nutrition Fraternity Day FKM UNEJ 4

Acara terakhir dari kegiatan Nutrition Fraternity Day (NFD) 2023 adalah diadakannya After Party, dimana peserta datang pukul 16.00 dengan pakaian bertema kue warna-warni. Kemudian terdapat kejutan untuk peserta yaitu penampilan khusus dari panitia yang membuat suasana menjadi lebih meriah. dan dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing kelompok. Selesai dengan penampilan kelompok, peserta dipandu untuk menulis harapan, kemudian menaruh harapan tersebut di pohon harapan. Terakhir adalah pemutaran video after movie sebelum penutupan yang dipandu oleh Master of Ceremony.