Penyerahan piala kejuaraan Gebyar Statistika IIPenyerahan piala kejuaraan Gebyar Statistika II

Gebyar Statistika II (G-STAT II) merupakan serangkaian kegiatan sebagai bentuk peringatan Hari Statistika Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara. Serangkaian kegiatan dibuka dengan Seminar Nasional pada tanggal 30 September  dengan tema “Membangun Paradigma Penalaran dan Kebhinekaan melalui Bingkai Statistik Solidaritas” yang disampaikan oleh ibu Martini selaku Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari. Kegiatan dilanjut dengan presentasi peserta finalis lomba infografis statistik, di mana sebelumnya telah dilakukan seleksi karya dari tanggal 25 Agustus 2022 – 15 September 2022 kemudian diambil 10 tim finalis dengan skor tertinggi yang lolos pada tahap penyisihan dan diumumkan pada tanggal 17 September 2022 secara resmi pada Official Instagram @gstat.fmipauho.

Finalis melakukan presentasi secara offline di aula Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara. Hari kedua tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2022 dilaksanakan Tur Kota Kendari bersama panitia dan seluruh finalis lomba infografis statistik. Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada hari yang sama pada sore sampai malam hari dengan sajian pentas seni sebelum dibacakan nama-nama pemenang lomba infografis statistik.

Dua mahasiswi Universitas Jember dengan nama tim KOMIKES yang terdiri dari Okta Miliani dan Qonitatillah merupakan bagian dari finalis yang berhasil memenangkan Juara 2 Lomba Infografis Statistik Tingkat Nasional dalam Gebyar Statistika II. Berbeda dengan seluruh peserta lain yang berasal dari fakultas maupun program studi statistika, tim KOMIKES merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Mahasiswi Kesmas tersebut mengusung tema Kesiapan Indonesia dalam Menerapkan Rekam Medis Elektronik yang mana dalam implementasi ajang perlombaan dilakukan analisis berdasarkan big data yang disajikan dalam bentuk infografis.