Salah satu tugas utama dosen adalah penelitian. Melalui penelitian akan tercipta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencapai kesejahteraan dan meningkatkan derajat manusia. Berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh dosen FKM melalui penelitian diharapkan mampu menyelesaikan secara bertahap permasalahan di bidang kesehatan.

Hal ini dilakukan juga oleh salah satu dosen Prodi Gizi FKM UNEJ, yaitu Septi Nur Rahmawati, S,Gz.,M.Gz. Dosen cantik kelahiran Malang ini mampu merebut hati juri Kolokium LP2M UNEJ melalui presentasi penelitiannya yang berjudul Penelitian 1 berjudul Bubuk Tongkol Edamame (Takome) Sebagai Suplementasi Tinggi Protein Untuk Balita Stunting, sedangkan Penelitian 2 berjudul Formulasi Biskuit Tepung Edamame dan Hidrolisat Protein Ikan Tuna Sebagai PMT Alternatif pada Balita Stunting

Penelitian ini berawal dari keresahannya pada kasus Stunting yang saat ini menjadi masalah kesehatan yang dihadapi di Indonesia. Stunting atau disebut sebagai kerdil artinya bayi atau balita tidak tumbuh dengan ukuran normal dan cenderung pendek. Hal ini disebabkan oleh multifaktor, salah satunya karena kurang makanan yang bergizi. Intervensi melalui sumber pangan yang sehat dan bergizi pada balita stunting menjadi salah satu alternatif yang dapat diambil. Jember pada khususnya dan Indonesia pada umumnya tidak kekurangan sumber pangan yang dapat dijadikan alternatif makanan bergizi.

Hal ini yang menggerakkan Septi Nur Rachmawati dan tim, melalui Kelompok Riset dan Pengabdian Masyarakat (KeRis DiMas) Prodi Gizi mengembangkan alternatif sumber pangan dalam bentuk biskuit dan bubur. Bahan baku makanan yang dijadikan biskuit dan bubur mudah didapatkan, yaitu yang berasal dari edamame, ikan tongkol dan ikan tuna. Penelitian ini mendapatkan pendanaan dari Hibah Internal LP2M Universitas Jember tahun 2023.

Hasil penelitian ini menarik perhatian para juri dalam proses penilaian Kolokium LP2M yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis 59 Universitas Jember. Selamat atas capaiannya dan tidak berpuas diri teruslah berprestasi untuk negeri! (adps)

BISKUIT TEMA PRINT
BUBUK TAKOME PRINT