Pemateri Gus EbidPemateri Gus Ebid

Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam UKMKI Ash-Shihah melaksanakan kegiatan Festival Ash-Shihah dengan tema “Sparkling Your Life with Grateful and Istiqomah”. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh UKMKI Ash-Shihah. Kegiatan Festival Ash-Shihah terdiri dari perlombaan dan juga talkshow sebagai puncak kegiatan. Talkshow diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 20 November 2022.

Perlombaan dalam kegiatan Festival Ash-Shihah 2022 yakni lomba Podcast Islami dan lomba Video Pildacil. Pendaftaran lomba dilaksanakan pada tanggal 14 September hingga 6 November 2022. Lomba dilakukan secara online dengan mengirimkan video bagi peserta lomba pildacil dan peserta lomba talkshow. Kedua perlombaan ini diupload di Instagram kemudian link instagramnya disalin dan dikumpulkan di google form.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan Festival Ash-Shihah diselenggarakan secara hybrid yaitu melalui Live streaming Youtube dan di Aula Murdijanto Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Kegiatan tersebut di hadiri panitia dan peserta sekitar 80 orang. Sejalan dengan tema yang diambil pada kegaiatan Festival Ash-Shihah, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi salah satu tempat menambah wawasan yang berhubungan dengan keislaman. Lomba yang diadakan juga dapat mendorong kreativitas peserta untuk berkarya serta sekaligus dapat menjadi wadah untuk menuangkan kreativitas mereka. Talkshow islami yang diadakan dapat menjadi jawaban dari isu yang ada di sekitar masyarakat, baik itu terkait paradigma yang salah ataupun hal-hal yang belum diketahui secara jelas.

Kegiatan Festival Ash-shihah dilaksanakan mulai pukul 08.00-12.00 WIB yang di awali dengan pembacaan tilawatil qur’an lalu dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia, Ketua BEM dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Setelah itu ada penampilan istimewa dari Al-Banjari Jam’iyah Sholawat Fathul Qolbi.

Kegiatan Festival Ash-Shihah 2022 berkesempatan menghadirkan pemateri yang luar biasa yaitu Gus Muhammad Ali Zainal Abidin atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Ebid untuk menyampaikan materi sesuai dengan tema yang telah diusung. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Di Akhir acara ditutup dengan pengumuman pemenang juara lomba Pildacil dan juara lomba Podcast Islami. Berikut ini merupakan finalis/pemenang untuk setiap perlombaan yang diselenggarakan oleh Festival Ash-Shihah 2022:

 Juara Lomba Pildacil :

  1. Juara 1 Kanaya Assyabiya Halim (total perolehan nilai 90,3)
  2. Juara 2 Khaira Assyifa Elfathany (total perolehan nilai 90,075)
  3. Juara 3 Muhammad Rifqi (total perolehan nilai 88,65)

 Juara Lomba Podcast Islami :

  1. Juara 1 Tina Wanti Sembiring (total perolehan nilai 87,5)
  2. Juara 2 Chilmiyatur Rosidah (total perolehan nilai 85,75)
  3. Juara 3 Putri Amalia Nurilmi (total perolehan nilai 85,25)