Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ 2023 dengan tema “Face the Magical Future by Building Critical Thinking and the Courageful Staff” dilaksanakan sebagai kegiatan untuk mengenalkan kehidupan organisasi bagi pengurus baru dan mematangkan kemampuan pengurus dalam melanjutkan roda organisasi. Kegiatan ini memberi pengetahuan terkait teori dan praktik mengenai manajemen organisasi kepada pengurus baru. Pemberian teori bertujuan agar pengurus baru terbiasa dalam mengimplementasikan teori dan praktik tersebut dalam berorganisasi. Pengurus baru juga dapat menjalin hubungan baik dengan pengurus lama agar koordinasi dan komunikasi dalam organisasi dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan dari sebuah organisasi dapat tercapai secara optimal.


Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ 2023 dilaksanakan secara luring di Gedung Aula Murdjianto FKM UNEJ selama 2 hari dimulai pada tanggal 4 – 5 Maret 2023 mulai pukul 07.00 WIB yang diikuti oleh 25 peserta dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini diawali dengan persiapan panitia yang berjumlah 16 orang di Gedung Aula Murdjianto FKM UNEJ, kemudian dilanjutkan dengan kedatangan peserta yang langsung melakukan presensi dan pengecekan barang bawaan dan nametag, kemudian peserta diarahkan untuk duduk ditempat yang telah disediakan sembari mendengarkan pemaparan tata tertib oleh panitia.
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ 2023 tanggal 4 Maret dimulai dengan pembukaan oleh MC. Acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FKM UNEJ, selanjutnya sambutan – sambutan oleh ketua panitia yaitu saudari Sania Salsabila, Ketua BEM FKM UNEJ saudari Amanda Marlita primastuti dan Pembina BEM FKM UNEJ Ibu Reny Indrayani, S.KM.,M.K.K.K sekaligus membuka secara resmi kegatan Diklat pengurus baru BEM FKM UNEJ 2023. Setelah pembukaan resmi, peserta dipersilahkan untuk memakai nametag. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa. Setelah selesai pembacaan doa, peserta diperintahkan untuk mengerjakan pretest selama 10 menit melalui link yang sudah di bagikan oleh panitia digrup WhatsApp. Acara selanjutnya yakni pemaparan materi yang dipimpin oleh moderator yakni saudari Laily Nur Khalimatus Sa’diah. Pemaparan materi diawali dengan pembacaan CV pemateri. Materi pertama disampaikan oleh Saudara Bastomy Ali Burhan, S.KM yang membawakan materi dengan tema “Menumbuhkan serta meningkatan profesionalitas individu melalui organisasi”, setelah penyampaian materi dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Sesi materi pertama diakhiri dengan penyampaian Closing Statement dari pemateri dan penyerahan sertifikat sebagai simbolis oleh saudari Sania Salsabila selaku ketua panitia, kemudian dilanjutkan sesi dokumentasi oleh panitia yang bertugas. Setelah selesai pemaparan materi pertama, sebagai peralihan ke materi kedua, MC memberikan sesi cuap-cuap dan ice breaking. Selanjutnya, materi yang kedua disampaikan oleh saudara Amilia Mubarrika yang membawakan materi dengan tema “How important opinion of staffs in organization is”, setelah penyampaian materi dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Sesi materi kedua diakhiri dengan penyampaian Closing Statement dari pemateri dan penyerahan sertifikat sebagai simbolis oleh saudari Amanda Marlita selaku ketua BEM FKM UNEJ, kemudian dilanjutkan sesi dokumentasi oleh panitia yang bertugas. Setelah serangkaian kegiatan telah dilakukan, selanjutnya penutupan oleh MC dan pengisian posttest oleh peserta melalui link yang diberikan di grup WhatsApp.


Agenda selanjutnya adalah peserta melakukan presentasi hasil proposal pengajuan sponsor yang telah dibuat secara kelompok di pos-pos yang telah ditentukan panitia. Agenda terakhir di hari pertama adalah pengukuhan peserta. Teknis pengukuhan peserta dimulai dengan briefing panitia dan peserta di Gedung Aula Murdjianto FKM UNEJ. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC secara formal, kemudian ketua BEM FKM UNEJ memimpin pembacaan ikrar yang diikuti oleh peserta pengukuhan, setelah selesai kemudian peserta satu persatu maju kedepan untuk diberikan air sebagai simbolis pengukuhan dan mencium bendera merah puti serta bendera BEM FKM UNEJ, selanjutnya pesserta diberikan baju PDH dan lencana. Acara di tutup dengan pembacaan doa.
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ 2023 tanggal 5 Maret dimulai dengan pembukaan oleh MC. Kemudian dilanjut dengan sambutan penutup kegiatan oleh Pembina BEM FKM UNEJ Ibu Reny Indrayani, S.KM.,M.K.K.K. Kgiatan dilanjut dengan agenda foto bersama kabinet dan departemen dan acara ditutup dengan bonding antar anggota departemen.
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ 2023 merupakan kegiatan yang berpengaruh penting dalam kehidupan dan jalannya roda generasi dalam sebuah organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Roda tersebut harus tetap berputar demi terciptanya organisasi yang berkembang dan dinamis. Hasil kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan pengurus BEM FKM UNEJ dalam manajemen organisasi. Kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia internal BEM FKM UNEJ sehingga mampu produktif dalam mempersiapkan segala program kerja.
Hasil dari kegiatan ini tentu akan memiliki pengaruh besar utamanya bagi seluruh peserta. Meningkatnya minat peserta sehingga dapat meningkatkan pula kemampuanya. Selain itu setiap peserta memiliki bekal yang cukup dalam menambah wawasan dalam pandangan yang dapat membawa perubahan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan ini juga akan merekatkan hubungan antara para peserta. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Baru BEM FKM UNEJ ini menghasilkan pengurus baru Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2023 yang menjabat menjadi staff muda berjumlah 25 orang.


Kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia internal BEM FKM UNEJ sehingga mampu produktif dalam mempersiapkan segala program kerja. Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ menjadi wadah dalam mempererat hubungan kekeluargaan antara pengurus BEM FKM UNEJ. Kegiatan ini diharapkan dapat terselenggarakan untuk tahun selanjutnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi pengurus baru Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UNEJ 2023.

Penulis : Laily Nur Khalimatus Sa’diah