Pemberian materi oleh Saudari Heni Nur Azizah tentang bagaimana cara melakukan penyuluhan yang baikPemberian materi oleh Saudari Heni Nur Azizah tentang bagaimana cara melakukan penyuluhan yang baik

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Anggota Baru Komunitas Mahasiswa Peduli HIV/AIDS (KOMPLIDS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember 2022 dengan tema “Sinergritas Peran Gen Z Wujudkan 2030 Indonesia Bebas HIV/AIDS” kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan kehidupan organisasi kepada seluruh anggota baru UKM KOMPLIDS. Kegiatan ini memberikan pengetahuan terkait dengan teori dan praktik mengenai bagaimana cara melakukan penyuluhan kepada masyarakat, pembuatan media promosi kesehatan dan manajemen organisasi. Teori dan praktik yang diberikan dalam kegaiatn pendidikan dan pelatihan UKM KOMPLIDS bertujuan agar nantinya anggota baru UKM KOMPLIDS dapat mengimplementasikan teori dan praktik tersebut dalam berorganisasi, dari kegiatan ini juga dapat terjalinnya hubungan baik antara anggota lama dan anggota baru.

Kegiatan Pengembangan Kreatifitas Anggota Baru UKM KOMPLIDS terdiri dari beberapa serangkaian acara diataranya adalah diklat ruang, diklat lapang dan pengukuhan. Kegiatan ini dilakukan secara luring pada hari kamis, sabtu dan minggu, tanggal 22, 30 Oktober dan 03 November 2022.

  1. Diklat Ruang
    Dalam kegiatan diklat ruang anggota baru UKM KOMPLIDS dibekali dengan materi-materi yang dapat menambah pengetahuan anggota baru terkait dengan HIV/AIDS serta manajemen organisasi yang dilakukan oleh ahli di bidangnya. Pemberian materi ini diharapkan dapat membangun minat serta menumbuhkan motivasi anggota baru untuk berperan serta dalam mewujudkan misi 2030 Indonesia bebas HIV/AIDS.
  2. Diklat Lapang
    Setelah mendapatkan materi pada diklat ruang, anggota baru UKM KOMPLIDS ditugaskan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang didapat berupa melakukan penyuluhan kesehatan kepada pengunjung Alun-Alun Jember. Sasaran dalam kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut adalah sekelompok remaja dengan jumlah maksimal 3 orang. Kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan baik, pegunjung alun-alun dengan senang hati manerima penyuluhan yang dilakukan oleh anggota baru UKM KOMPLIDS.
  3. Prosesi Pengukuhan Anggota Baru
    Prosesi pengukuhan anggota baru UKM KOMPLIDS merupakan penutup dari serangkaian kegiatan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini tentu akan memiliki pengaruh yang besar bagi anggota baru UKM KOMPLIDS. Meningkatnya minat serta kemampuan menjadi bekal yang cukup dalam menambah wawasan dalam pandangan yang dapat membawa perubahan kepada UKM KOMPLIDS.

Dokumentasi kegiatan: