Pembekalan Kemampuan dan Kepemimpinan Mahasiswa Anggota Baru 2022 UKMI Ash-ShihahPembekalan Kemampuan dan Kepemimpinan Mahasiswa Anggota Baru 2022 UKMI Ash-Shihah

Unit Kegiatan mahasiswa Kerohanian Islam UKMKI Ash-Shihah melaksanakan kegiatan Pembekalan Kemampuan dan Kepemimpinan Mahasiswa Anggota Baru 2022. Diklat UKMKI Ash-Shihah 2022 dilaksanakan secara offline bertempat di Villa Kuning Rembangan. Pada tahun ini Diklat UKMKI Ash-Shihah 2022 mengangkat tema “Membentuk Pemuda dengan Karakter Ashabul Kahfi pada Masa “Welcome Generation” yang dilaksanakan selama 1 hari pada hari Selasa tanggal 08 November 2022 dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 17.35. Peserta berjumlah 23 orang yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dari Prodi Kesehatan Masyarakat dan Gizi.

Rangkaian acara diklat dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh panitia dan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Ketua BEM, dan Wakil Dekan 3. Kegiatan selanjutnya yaitu pembacaan doa, dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama setelah penyampaian materi kemudian dibuka sesi diskusi dengan total dua pertanyaan, kemudian dilanjutkan ice breaking yang isi dengan penampilan yel-yel tiap kelompok. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua dengan sesi diskusi setelah penyampaian materi dengan jumlah satu orang penanya. Kemudian dilanjut dengan istirahat, sholat dan makan siang bersama. Kegiatan selanjutnya yaitu penampilan tugas dari para anggota baru beserta pemberian komentar dari juri, dilanjutkan dengan permainan kuis yaitu games tebak gambar kemudian istirahat untuk sholat ashar, bincang alumni dan divisi, pengukuhan anggota baru dengan perwakilan mahasiswa membacakan ikrar lalu penutup.

Materi yang disampaikan pada diklat ini mengikuti dengan tema yang sudah ditetapkan oleh panitia. Adapun beberapa pemateri yang mengisi materi dalam kegiatan ini diantaranya saudara Muhammad Addin Rizaldi, S.KM dan Bapak Khoiron, S.KM., M.Sc. Penyampaian materi pertama terkait pengenalan UKMKI Ash-Shihah dilanjutkan pemateri kedua terkait “Membentuk Pemuda dengan Karakter Ashabul Kahfi pada Masa “Welcome Generation””. Kedua pemateri menyampaikan tema dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pesera serta menggunakan metode baik ceramah dan penggunaan ppt dalam menyampaikan materi sesuai tema.