Foto BersamaFoto Bersama

Peringatan dies natalis (hari lahir) dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan, maka dari itu acara tersebut dirayakan dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur. Bertambahnya usia selalu diikuti dengan harapan bertambahnya kedewasaan. Tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan. Pada dies natalis kali ini, dengan bertambahnya usia Mapakesma yang semakin menjadi lebih dewasa, juga mampu meningkatkan kualitas dan prestasi. Mahasiswa Pecinta Alam Kesehatan Masyarakat (Mapakesma) didirikan pada tanggal 6 Mei 2003 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Mapakesma bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai penerus perjuangan bangsa dengan membina mahasiswa agar terbentuk kedisiplinan, rasa persaudaraan, loyalitas dan dedikasi yang tinggi sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa melalui organisasi yang berorientasi pada kepedulian lingkungan dengan tidak mengabaikan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Sudah dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Setelah pembatasan kontak dan fisik yang diinisiasi pemerintah, tahun 2022 UKM Mapakesma dapat kembali berkegiatan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Dies natalis Mapakesma Ke-19 mengangkat tema “Back to Home, Rebuild Our Story” di mana Mapakesma dapat kembali berkegiatan secara offline dan dapat merayakan hari jadi Mapakesma tanpa mengurangi esensinya. Dari tema yang diangkat, kembalinya kami berkegiatan offline diharapkan dapat menorehkan cerita baru, karya baru dan inovasi baru dalam berkegiatan. Dies natalis yang diadakan sudah dinantikan untuk dirayakan secara offline diharapkan dapat mempererat rasa kekeluargaan antar anggota Mapakesma, berbagi pengalaman dan cerita untuk bekal dalam berkegiatan maupun dalam perkuliahan. Diharapkan bertambahnya usia Mapakesma juga mampu meningkatkan kualitas dan prestasi yang ada.

Pada tahun lalu, dies natalis Mapakesma dilaksanakan secara online yang menghasilkan capaian meningkatkan skill atau kemampuan anggota Mapakesma mengenai sejarah Mapakesma, semangat kemapakesmaan, serta mengenai pembelajaran dunia kerja setelah lulus dan menjadi sarjana kesehatan masyarakat. Pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 diselenggarakan kegiatan Dies Natalis Mapakesma XIX dengan tema “Back to Home, Rebuild Our Story” sebagai bentuk sharing supaya anggota UKM Mapakesma saling memiliki rasa kekeluargaan. Pukul 18.30-18.50 seluruh panitia berkumpul untuk melakukan persiapan tambahan untuk kegiatan Dies Natalis, setelah itu seluruh panitia dan peserta mengisi presensi dan menulis kesan pesan yang ditempel pada mading yang telah disediakan serta pembagian stiker. Peserta yang telah melakukan presensi, duduk dan pembukaan dimulai. Pembukaan dilakukan pukul 19.00-19.15 dipimpin oleh MC dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mapakesma, dan Mars Mapakesma, dilanjutkan pembacaan kode etik dan sambutan-sambutan, pembacaan doa, dan pembukaan acara secara simbolik dengan memotong tumpeng oleh pembina lapang sekaligus pembina fakultas diberikan kepada ketua umum serta ketua panitia kegiatan dies natalis. Setelah itu semua undangan dan peserta berfoto bersama. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan tiap angkatan dan apresiasi pada pukul 19.20-19.50. Setelah itu dilanjutkan games 19.50-20.15. Pada pukul 20.15-21.30 para peserta melakukan sharing bersama alumni dan makan bersama. Pemenang games yang sebelumnya dilakukan, diumumkan pukul 21.30-21.45. Acara ditutup pada pukul 21.45-21.50 dengan melakukan dokumentasi bersama.