Banner BToPHBanner BToPH

Orientasi merupakan kegiatan untuk para mahasiswa baru agar lebih mudah dalam beradaptasi dan mengenal lingkungan kampus hingga program studi. Program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember mengadakan masa orientasi mahasiswa baru yang dikenal dengan nama Basic Training of Public Health (BToPH). BToPH merupakan program yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dalam upaya peningkatan pemahaman akan nilai-nilai yang terkandung dalam ilmu kesehatan masyarakat. Kegiatan ini berupa pelatihan dan pemahaman mendalam mengenai pengenalan dasar ilmu kesehatan masyarakat, berorganisasi dan melatih berpikir kritis terhadap masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia.

BToPH dijalankan sesuai dengan arahan dari Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru terkait ilmu kesehatan masyarakat serta peningkatan pengetahuan mengenai konsep dasar kehidupan kampus dan pasca kampus. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMA) yaitu Divisi PSDM. Tahun 2021 merupakan tahun pertama dilaksanakannya Basic Training of Public Health (BToPH) pada Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember.

BToPH pertama dilaksanakan secara online dikarenakan adanya pandemi COVID-19. BToPH kedua di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember pada tahun 2022 ini dilaksanakan secara offline dan online. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 September, 1, 8, 9 Oktober 2022 secara offline dan pada tanggal 2 Oktober 2022 secara online. Kegiatan BToPH ini dilaksanakan secara offline di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember dan secara online melalui media Zoom Meeting. Kegiatan BToPH yang dilakukan secara offline menggunakan beberapa tempat yaitu aula, ruang kelas 1, dan ruang kelas 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. BToPH sendiri bertujuan untuk membentuk kepribadian mahasiswa sejak dini yang kreatif, bertaqwa, peduli kesehatan, serta memiliki karakter berorganisasi dan kepemimpinan, Selain itu, BToPH merupakan wadah untuk mengenalkan pada mahasiswa baru mengenai keilmuan kesehatan masyarakat, kegiatan kampus pasca PPMB, serta mengenalkan ISMKMI kepada mahasiswa baru. Panitia sudah menyiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari yang mana dilaksanakan rapat rutin panitia selama 7 bulan sebelumnya. Kemudian, terdapat satu hari pada tanggal 20 September 2022 dengan agenda Technical Meeting yang berjalan dengan lancar sesuai harapan dari kegiatan ini.

BTOPH dilaksanakan sekali dalam satu tahun sebagai program kerja HIMAKESMA FKM UNEJ. Semoga di tahun berikutnya kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Kepada para mahasiswa baru Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, selamat datang di program studi tercinta kita, Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Berikut merupakan rangkaian kegiatan dan dokumentasi dari BToPH 2022.

Technical Meeting (Selasa, 20 September 2022) Online melalui Zoom Meeting

Hari Pertama (Minggu, 25 September 2022) Offline di FKM UNEJ

Hari Kedua (Sabtu, 1 Oktober 2022) Offline di FKM UNEJ

Hari Ketiga (Minggu, 2 Oktober 2022) Online melalui Zoom Meeting

Hari Keempat (Sabtu, 8 Oktober 2022) Offline di FKM UNEJ

Hari Kelima (Minggu, 9 Oktober 2022) Offline di FKM UNEJ

Presentasi Majalah Dinding & Outbond di Pagi Hari

Penutupan BToPH 2022 di Sore Hari

Penulis: Mutiara Puspita