Selama bulan Agustus hingga September ini, FKM Unej melaksanakan berbagai kegiatan kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis yang ke 18. Salah satunya adalah Bakti Sosial FKM Unej. Sudah sejak lama FKM Unej menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dari stakeholder hingga masyarakat. Masalah kesehatan yang tidak pernah selesai selalu menjadi motivasi agar kegiatan penelitian, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat terus dilakukan. Oleh karena itu, kali ini FKM Unej menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial: Dari FKM Unej untuk Masyarakat Terdampak COVID-19 yang menargetkan masyarakat terdampak COVID-19 di Kabupaten Jember. Adanya bakti sosial ini diharapkan dapat mendekatkan “jarak” antara FKM Unej dengan masyarakat. Sehingga dapat memperlancar kegiatan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Bakti Sosial FKM Unej dilaksanakan pada Minggu, 27 September 2020 bertempat di Kelurahan Jumerto. Seperti halnya dengan kegiatan bakti sosial yang lain, FKM Unej memberikan berbagai macam bantuan (materi) seperti beras, gula, masker, dsb. Tercatat dana bakti sosial sebesar Rp 18.290.000 yang terhimpun dari kontribusi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni FKM Unej yang tersebar di berbagai daerah selama bulan Agustus hingga September tahun 2020. Alumni FKM Unej turut memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pelaksanaan Bakti Sosial dalam rangka Dies Natalis ke 18 FKM Unej. Dana ini kemudian diwujudkan dalam bentuk 120 paket bantuan. Pemilihan Kelurahan Jumerto sendiri selain karena kondisi maysarakat yang sangat terdampak terutama masyarakat yang mengandalkan penjualan dipasar dan peternak hewan juga karena kemitraan antara Kelurahan Jumerto dan FKM Unej sudah terjalin cukup lama.

Seluruh rangkaian kegiatan bakti sosial berjalan dengan lancar. FKM Unej melibatkan beberapa mahasiswa dalam kegiatan ini. Keterlibatan mahasiswa tersebut selain untuk membantu kelancaran kegiatan juga memberikan wawasan baru kepada mahasiswa tentang kondisi masyarakat terdampak COVID-19. Kedepannya diharapkan Bakti Sosial FKM Unej terus berlanjut dan dapat menjangkauan berbagai tempat yang lebih jauh dan membutuhkan walaupun masa pandemi telah berakhir. Selain itu dengan adanya kegiatan turun lapang seperti ini diharapkan peran pengabdian kepada masyarakat dari Perguruan Tinggi menjadi lebih terasa di hati masyarakat, terutama masyarakan di Kabupaten Jember.