Mahasiswa, sebagai pioner perubahan perlu belajar praktik secara langsung di tengah-masyarakat. Tidak semua yang dipelajari di kelas, dapat diterapkan secara langsung ke masyarakat. Perlu kemampuan berdaptasi dengan lingkungan, perlu untuk komunikasi yang baik dan tentu saja berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.

Praktik Belajar Lapangan merupakan kegiatan akademik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S-1 Kesehatan Masyarakat dan S-1 Gizi Universitas Jember yang ditempuh pada semester 6 dengan 6 sks. Praktik Belajar Lapangan dimulai dari analisis situasi yang bertujuan agar mahasiswa mampu untuk mengenal dan mengidentifikasi berbagai masalah di bidang kesehatan yang terjadi di masyarakat, serta mampu untuk membuat perencanaan, implementasi, dan evaluasi program di bidang kesehatan yang terjadi di masyarakat utamanya. Kegiatan Praktik Belajar Lapangan Angkatan 2021 Prodi Kesmas akan dilaksanakan di 9 Puskesmas dan 18 Desa di Kabupaten Jember sedangkan Prodi Gizi dilaksanakan di 1 Puskesmas dan 2 Desa di Kabupaten Bondowoso.

Sebelum terjun ke masyarakat, mahasiswa dibekali dengan berbagai materi tentang persiapan kelapangan yaitu tentang Overview Praktik Belajar Lapangan yang disampaikan oleh Ricko Pratama, S.KM.M.Kes, Sistematika Penulisan Proposal dan Laporan Praktik Belajar Lapanganoleh Rista Hermilasari,S.Keb., M.Biomed., Pengambilan Sampel dan Manajemen Data oleh Dwi Martiana Wati.,S.Si.,M.Si, Musyawarah Masyarakat Desa dan NGT oleh Dewi Rokhmah,S.KM.M.Kes dan Analisis Situasi, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi Program Kesehatan oleh Dr. Nuryadi.,S.KM.M.Kes

Kegiatan PBL akan dibuka secara serentak pada tanggal 11 Desember 2023. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 216 orang mahasiswa semester 5 dan 19 orang dosen FKM.